My digital portofolio-Resume Materi Mahasiswa Bebas Narkoba untuk Mendukung Generasi Rahmatan lil Alamin Unusa

 


Narkoba, sudah banyak mahasiswa yang mengkonsumsi narkoba, mereka yang mengkonsumsi punya pikiran dimana saat mengkonsumsi narkoba dikala ada masalah narkoba menjadi salah satu pelaria. Saat ini negara kita Indonesia sudah menjadi ancaman Indonesia sedang dalam darurat narkoba, yang di sebabkan oleh beberapa faktor salah satunya perubahan geografis. Seperti banyak negara lain yang masuk ke Indonesia membawah narkoba tersebut melewati laut dan di ambil oleh nelayan lalu di sebar luaskan, di laut tidak semua bisa terkontrol.


 Tidak hanya itu ada juga modus yang di gunakan untuk menyebar narkoba tersebut dengan mudah nya memilih sasaran atau target kepada anak-anak di bawah umur baik Smp, Sd, dan Taman kanak-kanak. 

 Dari masalah tersebut Indonesia mendapat masalah kerugian yang sangat merugikan negara dan menghasilkan kerugian sebanyak 84,7 triliyun rupiah.


 Pada saat ini narkoba yang banyak sekali di konsumsi yaitu ganja dimana para remaja saat ini sudah hampir semua mengkonsumsi rokok, dimana banyak juga yang mengkonsumsi ganja dengan bentuk rokok. Namun ada juga narkoba lain seperti sabu juga merupakan jenis narkoba yang sering di gunakan di kalangan remaja maupun dewasa. 


Narkotika, terbagi menjadi 3 golongan, yaitu :

Golongan 1 : hanya dapat di gunakan untuk tujuan penyembuhan dan hanya ada ketentuan maka dari itu golongan 1 ini tidak bisa di konsumsi.

Golongan 2 : dapat digunakan sebagai pilihan terakhir dalam pengobatan dan terapi yang berpotensi tinggi menyebabkan ketergantungan dan hanya boleh di gunakan dengan pengawasan yang ketat. 

Golongan 3 : memiliki daya ketergantungan ringan, tetapi bermanfaat dan berkhasiat untuk pengobatan dan penelitian. 

Dari keterangan diatas tentang narkotika,  banyak efek yang di timbulkan seperti depresi, ketergantugan yang sangat merugikan baik fisik maupun mental. Efek nya pun tidak terjadi secara langsung melainkan dalam jangka panjang dan bisa mengakibatan kematian. 


 Maka dari itu, kita sebagai mahasiswa atau remaja harus memiliki ketahanan dan harus bisa mengontrol diri. Seperti berani menolak, kita bisa menjauh dari narkoba dengan banyak mengikut i kegiatan yang positif dan mencari lingkungan yang positif juga.


DENGAN NARKOBA BISA MERUBAH DAN MERUSAK TUBUH ANDA, JADI MILIKI KETAHANAN DIRI UNTUK BERANI MENCEGAH PENGGUNAAN NARKOBA!!!





Blog teman: 

https://ulfamukarohmatunnisa.blogspot.com/2023/09/unusa-dalam-implementasi-merdeka.html


Narasumber: Sri Artanti Maryani, S.Sos. - Analis Penyuluhan dan Layanan Informasi BNNP Jawa Timur

Moderator: Yauwan Tobing Lukiyono, S.St.,M.T




Komentar

Postingan populer dari blog ini

my digital portofolio day2- Proses Pelayanan ULC

My digital portofolio- Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka

Resume materi day3_pkkmbfakultas